16.7.18

Khasiat Buah Jeruk Untuk Obat


Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak absurd lagi dengan buah jeruk. Selain lezat rasanya, buah jeruk juga mengandung vitamin C. buah yang mempunyai keragaman jenis yang cukup kaya ini, menyimpan banyak sekali manfaat bagi manusia. Diantaranya dalam pembuatan minyak wangi, lantaran kandungan minyaknya yang beraroma sangat tajam.

Khasiat Buah Jeruk Dalam Thibbunnabawi
Rasulullah bersabda, “Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an ialah ibarat buah jeruk, rasanya elok dan aromanya harum” (HR. Bukhari 8/59 dan Muslim (797)

Utruj (jeruk) mempunyai banyak manfaat. Ia tersusun dari beberapa unsure, meliputi: Kulit, daging buah, zat asam dan biji. Diantara manfaat kulit jeruk ialah kalau diletakkan pada pakaian sanggup mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya sanggup menetralisir udara kotor. Apabila ditahan di verbal sanggup mengharumkan atau mengurangu anyir verbal tak sedap, serta membantu proses pencernaan kalau dipakai dalam adonan makanan. Penulis kitab Al-Qanun mengatakan, “Perasan kulitnya sanggup dipakai sebagai pembalut luka, bubuk dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra.”

Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Al Ghafiqi menuturkan, “Memakan dagingnya bermanfaat terhadap wasir (sembelit).”

Sedangkan mengenai manfaat bijinya, Ibnu Marwaih mengatakan, “Khasiat bijinya bermanfaat terhadap sanggup (racun) yang mematikan, dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air redaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal (dua timbangan) masing-masing seberat kira-kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada kepingan badan yang terkena sengatan.”

Yang lainmengatakan, “Khasiat biji sitrun bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat kalau ia dilumatkan dan diletakkan pada daerah sengatan.”

Sedangkan yang lain mengatakan, “Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan bermacam-macam jenis serangga.”

Karena keuntungannya yang demikian banyak, maka pantaslah kalau buah jeruk dijadikan permisalan bagi eksistensi seorang mukmin yang gemar membaca Al-Qur’an.

Khasiat Jeruk Manis (Citrus Aurantium)
Jenis ini sering dikonsumsi insan sebagai buah pencuci mulut. Mengandung kadar gula dan vitamin C cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi pertahanan tubuh, pengobatan panas dalam serta sariawan.

Sering mengkonsumsinya, terutama bagi anak-anak, memperlihatkan efek sangat baik bagi daya tahan tubuh, sehingga badan tidak gampang terjangkit penyakit.

Khasiat Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle)
Tidak sebatas hanya sebagai kepingan dari materi dapur atau materi kosmetik semisal shampo, jeruk nipis juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit. Sebagai obat tradisional yang tentunya relative gampang diperoleh, murah, praktis, alamiah serta tidak mengakibatkan efek samping bagi pemakainya.

Berikut ini yaitu beberapa manfaat jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari.

Insya Tuhan sanggup menyembuhkan penyakit batuk tanpa demam
Cara menciptakan ramuannya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Kemudian tambahkan madu sebanyak perasan air jeruk. Aduk kedua materi hingga tercampur rata. Minum tiga kali sehari dengan takaran satu sebdok makan untuk orang berakal balig cukup akal dan setengah sendok teh untuk anak-anak.

Obat batuk disertai pilek
Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, minyak kayu putih dan kapur sirih.

Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih sebanyak perasan. Setelah ketiga materi tercampur oleskan pada dada, leher dan punggung penderita sakit batuk pilek.

Sakit demam pada anak-anak
Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, tiga suing bawang merah, satu suing bawang putih, satu sendok , minyak kelapa dan garam secukupnya.

Caranya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Bawang merah dan bawang putih diparut lalu ditambahkan garam dan minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata. Campurkan air jeruk nipis dan parutan bawang yang telah bercampur dengan minyak kelapa dan garam tadi. Kompreskan secara merata pada dahi terutama ubun-ubun.

Obat panas, menggigil, dingin
Bahan: satu buah jeruk nipis, setengah pelepah daun papaya, kencur satu ruas jari.

Cara menciptakan ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga materi direbus dengan tiga gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebabyak setengah gelas.

Obat batuk secara umum
Bahan: Satu buah jeruk nipis, kecap dan madu secukupnya.

Cara menciptakan ramuan : Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya, lalu dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk hingga rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.

Demikian sekelumit pembahasan wacana alternative pengobatan dengan jeruk. Semoga sanggup memperlihatkan kiat jitu nagi pembaca mengahadapi harga obat yang kian melambung berakal balig cukup akal ini. Satu hal yang perlu juga untuk diperhatikan, apabila dalam pengobatan dengan ramuan tersebut diatas timbul reaksi tubuh, contohnya reaksi kulit serta sakit perut dan diare, maka segera hentikan pengobatan.

sumber:apotik-online.blogspot.com

0 komentar