15.7.18

Khasiat Asam Jawa Untuk Obat



Asam jawa atau dalam istilah latinnya Tamarindus Indica banyak digunakan dalam masakan, minuman dan juga obat-obatan alami. Yang dimanfaatkan biasanya buah matang. Anda sanggup membeli yang sudah dikupas dan dibuang bijinya. Pilih yang berwarna jelas dan tidak ditumbuhi kapang (jamur putih). Jika digunakan sebagai obat luar, gunakan asam kawak yaitu asam jawa yang berwarna hitam.



Khasiat dan Manfaat Asam Jawa

Selain digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan, asam jawa juga memiliki khasiat dan manfaat sebagai berikut:

*
Menambah nafsu makan
*
Pencahar ringan
*
Menyejukkan tubuh dan menurunkan demam.
*
Sebagai obat luar, asam jawa digunakan menapal radang kulit/memar untuk mempercepat penyembuhan.



Pengobatan di Rumah dengan Asam Jawa

Cara memakai asam jawa sebagau pengobatan di rumah cukup mudah, yaitu dengan;

*
Berkumur dengan air asam jawa setiap dua jam membantu menyembuhkan sariawan. Lakukan lebih sering kalau sariawan sudah sangat mengganggu. Seduh asam jawa dengan air mendidih, saring sehabis dingin. Perbaiki gizi masakan sehari-hari. Makan buah-buahan lebih banyak, pilih berat berkulit ari (beras tumbuk/slip kasar) dan roti dari tepung gandum untuh (whole wheat).
*
Seduh 1 sendok makan asam jawa dengan 1 gelas air mendidih. Bubuhi 1/4 sendok teh garam, sanggup ditambah dengan gula/madu semoga lebih nikmat, aduk, kemudian tutup. Diamkan sampai suam-suam kuku, saring kemudian minum. Untuk mengobati campak, menurunkan demam sambil mengeluarkan keringat, mengatasi sembelit, menghilangkan gatal-gatal alasannya yaitu alergi, sanggup diminum hangat maupun sejuk (setelah disimpan dalam lemari es) sebagai minuman penyegar dan penambah nafsu makan.
*
Haid tidak lancar dan nyeri sanggup diatasi dengan minum sari asam yang dibubuhi dengan sari perasan kunyit parut. Minum setiap pagi dan sore 1/2 gelas air asam, seminggu menjelang haid. Setelah haid , hentikan minum sari asam.
*
Untuk mengobati jerawat, bisul, eksim, borok, dan radang alasannya yaitu keseleo, oleskan param asam. Buat dari 100 gram asam jawa dan 1/2 sendoh teh garam, bubuhi sedikit air masak, remes-remes sampai menjadi bubur pekat. Ramuan sanggup pula ditapalkan, kemudian dibungkus dengan kain/perban. Param asam sanggup juga digunakan untuk menghilangkan rasa capek.



Satu hal yang perlu mendapat perhatian yaitu Wanita hamil, terutama yang sedang hamil muda (usia kandungan kurang dari tiga bulan), tidak boleh meminum ramuan asam jawa alasannya yaitu sanggup menjadikan keguguran.

sumber:sweetspearls.com

0 komentar