13.7.18

Khasiat Daun Dan Bunga Melati Untuk Obat

Ternyata bunga melati selain Indah dipandang mata Khasiat Daun dan Bunga Melati untuk ObatTernyata bunga melati selain Indah dipandang mata, juga mempunyai khasiat utnuk mengobati aneka macam penyakit. Bunga melati sanggup dikembangbiakkan dengan cara stek, tunas-tunas gres akan tampak sehabis berusia sekitar 6 minggu. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Jasminum Sambac atau juga seringkali disebut jasmine.

Selain dipakai sebagai hiasan pengantin atau sebagai adonan minum teh, melati juga bermanfaat untuk aneka macam keperluan. Kandungan kimia dalam bunga dan daunnya menyerupai indol, benzyl, livalylacetaat.

Berikut resep tradisonal berbahan melati yang dirangkum dari aneka macam sumber:

1. Sesak napas
Bahan: 20 lembar daun melati dan garam secukupnya Cara membuat: materi tersebut direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
2. Bengkak akhir serangan lebah
Bahan: 1 genggam bunga melati Cara membuat: materi tersebut diremas-remas hingga halus Cara menggunakan: ditempel pada bab yang disengat lebah.
3. Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
Bahan: 1 genggam daun melati Cara membuat: materi tersebut dipipis halus Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
4. Sakit mata (mata merah atau belek)
Bahan: 1 genggam daun melati Cara membuat: materi tersebut dipipis halus Cara menggunakan: ditempel pada dahi, apabila sudah kering diganti baru, ulangi hingga sembuh.
5. Demam dan sakit kepala
Bahan: 1 genggam daun melati, 10 bunga melati Cara membuat: materi tersebut diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakan: air rendaman ini dipakai untuk kompres dahi.
6. Demam berdarah
Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah.
Lakukan 3 hari berturut-turut dengan takaran 8 gelas per hari.
7. Radang Ginjal
Ambil 15 gram daun kering melati poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari hingga air kencing yang keruh menjadi normal.
8. Bengkak akhir sengatan lebah
Ambil 1 genggam melati kemudian remas – remas hingga halus, tempelkan pada bab yang tersengat lebah.
9. Demam, Pilek, dan Diare.
Ambil bunga melati 4 gram, teh hijau 4 gram, kapulaga 3 gram, kemudian basuh higienis semua bahan, rebus dengan air 1,5 gelas, hingga tersisa 1 gelas. Minum sehari sekali selama 3-7 hari.
10. Radang Usus
Ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama lain melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.

Semoga bemanfaat dan yang paling penting yaitu adanya kemauan untuk sembuh. Selamat mencoba

(berbagai sumber)

0 komentar